Education

QUIZZ, Sebutkan proses secara kimia penguraian makanan menjadi sebuah energi !

Written by Winona · 1 min read >


QUIZZ

Sebutkan proses secara kimia penguraian makanan menjadi sebuah energi !

energi dalam tubuh dihasilkan dari karbohidrat yang terurai menjadi gula lalu membentuk ATP (Adenosine Triphosphate), yang merupakan molekul terpenting dalam metabolisme tubuh. Jenis gula yang sederhana lebih cepat dan mudah terurai. Karbohidrat yang lebih kompleks membutuhkan waktu untuk terurai sehingga dapat menyediakan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ATP dalam jumlah yang cukup. Itulah mengapa gula tidak selalu menjadi hal buruk ketika terdapat dalam menu diet, karena dibutuhkan dalam proses pembentukan energi. Namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan dalam bentuk yang tidak sehat, gula dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan, seperti diabetes.

Tubuh manusia memiliki empat metode untuk memproduksi ATP, yakni unit dari energi. Metode ini berbeda-beda berdasarkan kecepatan dan apakah melibatkan pembakaran oksigen atau tidak.

1. Pernapasan aerobik (atau pernapasan seluler). Energi ini dibutuhkan tubuh untuk hidup, untuk aktivitas sehari-hari, dan latihan kardio (seperti saat olahraga lari). Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran gula dalam sel tubuh ini dikenal sebagai pernapasan aerobik. Dalam proses ini, sel menggunakan oksigen untuk membakar glukosa dan membuat ATP.

2. Pernapasan anaerob. Proses ini terjadi di sitoplasma. Energi yang dihasilkan dari metode ini efektif untuk latihan berat antara 1-3 menit, seperti berlari cepat (sprint). Pada proses ini tubuh akan membakar sebagian glukosa tanpa oksigen (anaerob).

3. Oksidasi Beta/Pembakaran Lemak. Metode dengan proses yang paling lambat. Metode ini terlalu lambat untuk dihasilkan selama olahraga. Tubuh menggunakan metode ini ketika karbohidrat tidak tersedia.

4. ATP Phosphocreatine. Metode paling cepat dalam menghasilkan energi. Pada proses ini tubuh bergantung pada sedikit energi dari setiap sel yang tidak lama lagi akan habis. Untuk menghasilkan energi lebih banyak, sel menggunakan creatine phosphate. Jenis energi ini digunakan pada latihan berat yang sangat singkat (10-30 detik).

Itulah bagaimana proses yang terjadi dalam tubuh dan makan serta minum dapat menyediakan segala kebutuhan penting agar semua proses dapat berlangsung.

#BelajarBersamaBrainly


Patulong po pwede 3 – 5 sentences

Winona in Education
  ·   5 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published.